Analisis kualitas butir soal dalam kegiatan penilaian pembelajaran sangat perlu dilakukan, dari soal yang berkualitas dapat diketahui hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal UAS yang dibuat oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (Mixed Method) yakni menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Pada metode kuantitatif (empiris) menganalisis validitias soal. Sedang pada metode kualitaitif (teoritis) menganalisis persebaran ranah kognitif, konstruksi, dan bahasa. Hasil analisis validitas soal paket A terdapat 38 butir soal yang valid dengan pesentase 76% dan paket B terdapat 34 butir soal yang valid dengan persentase 68%. Persebaran kognitif butir soal tersebar tidak merata Banyak butir soal yang menggunakan ranah kognitif C3 yang menganalisis ranah kognitif pengaplikasian. Sedangkan soal mengenai ranah kognitif pemahaman hanya terdapat 1 butir soal, analisis hanya terdapat 9 butir soal. Hasil Uji konstruksi soal diketahui terdapat 5 butir soal yang bermasalah pada paket A dan 4 butir soal yang bermasalah pada paket B. Hasil uji bahasa pada paket A diketahui 49 butir soal yang bermasalah dan paket B diketahui 46 butir soal yang bermasalah. Hasil analisis kualitas butir soal dari aspek kuantitatif kedua paket soal tersebut layak digunakan. Beberapa soal tersebut dapat disimpan dan digunakan. Sedangkan pada aspek kualitatif kedua paket soal tersebut perlu direvisi berat.
Copyrights © 2023