Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Gajah Mada T.A 2023/2024

Hendro Yoni Ganda (Universitas HKBP Nommensen)
Efron Manik (Universitas HKBP Nommensen)
Ruth. Mayasari Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari Self Confidence siswa pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Gajah Mada T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Gajah Mada. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara, berdasarkan analisis data terbagi menjadi 3 yaitu self confidence tinggi, self confidence sedang dan self confidence rendah. Kelompok yang memiliki self confidence tinggi berjumlah 4 siswa atau 14%, Kelompok yang memiliki self confidence sedang berjumlah 22 siswa atau 73% dan kelompok yang memiliki self confidence rendah berjumlah 4 siswa atau 13%. Subjek dengan self confidence tinggi secara umum mampu memahami semua indikator pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksankan rencana penyelesaian, memeriksa kembali. Subjek dengan self confidence sedang hanya mampu memenuhi 3 indikator pemecahan masalah dan subjek dengan self confidence rendah tidak mampu menyelesaikan masalah dan indikator lain. Sehingga dapat dikatakan semakin tinggi self confidence siswa maka kemampuan pemecahan masalah semakin baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...