Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak nya siswa yang belum bisa membaca, dan kurang mengenal huruf, sehingga anak tidak bisa merangkai huruf menjadi kata, dan anak masih kesulitan dalam membaca secara utuh. Perlu dilakukan usaha untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Pengajaran membaca yang paling efektif menggunakan metode bunyi yang didasarkan pada media bunyi. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan bagaimana cara menerapkan metode bunyi pada pembelajaran membaca permulaan dan sejauh mana penggunaan metode bunyi dalam meningkatakan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II. Metode yang digunakan pada pembelajaran ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan teknik test sample yang digunakan adalah kelas II. Dan dari hasil penelitian ini dapat diketahui dari tingkat kemampuan siswa pada siklus I nilai rata-rata 71,46 meningkat menjadi 73,27, dan pada siklus II nilai rata-rata 78,46, kemudian pada siklus III meningkat menjadi 79,23. Dengan hasil yang terus meningkat diharapkan guru kelas II dalam pembelajaran membaca permulaan dapat menggunakan metode bunyi dan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru, kepala sekolah, dan gugus sekolah.
Copyrights © 2023