Penelitian ini membahas tiga permasalahan yaitu, 1) Stimulus guru dalam pembelajaran matematika di kelas X MIPA MAN 1 Tebo, 2) Respon siswa dalam pembelajaran Matematika kelas X MIPA MAN I Tebo, 3) faktor penghambat pemberian stimulus dan respon siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk stimulus dan respon siswa dalam pembelajaran Matematia serta faktor penghambat pemberian stimulus. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen dan instrumen bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokmentasi. Teknik keabsahan data adalah teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber .Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bentuk stimulus guru dalam pembelajaran matematika yaitu 1) Penggunaan variasi metode mengajar, materi, buku penunjang, dan bimbingan serta motivasi, 2) Evaluasi/memberikan penilaian hasil belajar, 3) pemberian hukuman, dan 4) Pemberian pujian atau penghargaan. Respon yang tunjukan siswa dalam pembelajaran Matematika yaitu 1) Respon Perseptual, 2) Respon Emosional, dan 3) Respon Behavioristik. Faktor penghambat stimulus dan respon dalam pembelajaran yaitu faktor internal dan faktor eksternal siswa. Disimpulkan bahwa pemberian stimulus guru bisa memahami kualitas siswa berkarakter aktif dan fasif dalam pembelajaran. Terdapat 3 aspek perubahan kemampuan pada diri siswa dengan pemberian stimulus yaitu 1) Aspek kognitif yaitu menumbuhkan kemauan belajar dan kemauan untuk memahami suatu materi, 2) Aspek afektif yaitu menumbuhkan rasa pemahaman dan penghayatan pada suatu materi, 3) Aspek psikomotorik yaitu melatih siswa baik yang berkarakter fasif khususnya dan berkarakter aktif.
Copyrights © 2023