Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Evaluasi Program Kurikulum Tarbiyatul Muallimin Wal Muallimat Al Islamiyah Dengan Model Cippo (Context, Input, Process, Product, Outcome) di Pondok Pesantren Annakhil Darunnajah 6 Muko-Muko

Suparji, Muhamad (Unknown)
Suhirman, Suhirman (Unknown)
Satria, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Program kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI) yang dianggap sebagai solusi masalah mutu pendidikan, namun telah menciptakan kesulitan bagi sebagian guru dalam mengembangkan program kurikulum, dikarenakan guru belum memahami program kurikulum secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI) di Pondok Pesantren Annakhil Darunnajah 6 Muko-Muko. Jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. dengan pendekatan model evaluasi context, input, process, product,outcome (CIPPO). Sumber data penelitian diperoleh dari Pengasuh/Pimpinan Pondok Pesantren, Wakil Pimpinan bidang kurikulum TMI, Tenaga pendidik/Dewan Asatidz, dan stakeholder melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis menggunakan kuantitatif-deskriptif.Keabsahan data dicek melalui triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks program kurikulum telah dilaksanakan identifikasi standar pelaksanaan kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI), dan bentuk pengembangan kurikulum tersebut telah mengadopsi muatan kurikulum Nasional, beberapa mata pelajaran telah disesuaikan dengan tingkat kompetisi siswa/santri. Input program kurikulum telah difokuskan pada tenaga pendidik, namun tenaga pendidik belum optimal, karena tidak sesuai dengan kualifikasi akademik, dokumen kurikulum TMI, dan sarana prasarana yang lengkap dan memadai, Proses pelaksanaan program kurikulum sudah sesuai standar pelaksanaan kurikulum Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat al Islamiyah (TMI) namun belum mampu mencapai hasil maksimal sesuai dengan tujuan program kurikulum TMI. Dan produk program kurikulum TMI menunjukkan hasil belajar, ujian sekolah sesuai rencana dan sebagian prestasi santri telah terserap di pendidikan tinggi bahkan ada beberapa santri mampu melanjutkan pendidikan tinggi di Timur Tengah. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa program kurikulum TMI cocok untuk diterapkan karena sesuai dengan kurikulum nasional dan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...