JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar (Studi Kasus Mahasiswa STABN Sriwijaya Tangerang Banten)

Adnyana, I Made Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antara efikasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemandirian belajar mahasiswa di Kampus STABN SriwijayaTangerang Banten. pendekatan penelitian yaitu penelitian kuantitatif.Penelitianini dilaksanakan di Kampus STABN Sriwijaya Tangerang Banten dimulai pada tanggal 20 Juli 2023, sampel 130 mahasiswa dari total populasi 200 orang yang terdaftar pada Kampus STABN Sriwijaya Tangerang Banten. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode penyebaran kuisioner dengan skala linkert.. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling. Teknik analisis data yaitu uji regresi linier berganda, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Olah data menggunakan alat bantu program statistic SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar mahasiswa ditemukan koefisien rxynya adalah sebesar 0.449.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...