JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Penerapan Business Intelligence Pada Transaksi Penjualan Di E-Commerce

Faesal*, Muhammad Hasan (Unknown)
Juliharta, I Gede Putu Krisna (Unknown)
Wijaya, I Nyoman Yudi Anggara (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2023

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, memberikan banyak kemudahan pada berbagai aspek, salah satunya proses penjualan. Salah satu faktor yang dapat bersaing adalah penggunaan Business Intelligence karena sebagai pusat dan proses penyimpanan data untuk menyimpan dan mengolah data berupa data penjualan, data pelanggan, data rantai pasokan. Penerapan Business Intelligence menjadikan Toko Followers Instagram dapat mengumpulkan data transaksi penjualan yang terjadi pada toko, seperti jumlah transaksi, jumlah produk yang terjual, dan jumlah pendapatan yang didapat. Permasalahan yang terjadi di e-commerce ini memiliki data penjualan yang banyak sehingga sulit untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pemilik e-commerce . Selain itu, e-commerce Shopee ini memiliki pengolahan dan analisis data yang terbatas, sehingga dibutuhkan sebuah upaya atau alat bantu yang berupa Business Intelligence untuk mengolah data menjadi sebuah informasi, membuat ringkasan data, dan menghasilkan laporan yang baik. Metode penelitian yang ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana data yang digunakan sebagai instrumen terdiri dari observasi, wawancara, dan studi literatur. Proses perancangan menggunakan Business Intelligence roadmap yang memiliki beberapa tahapan dimulai dari identifikasi masalah, studi literatur, OLTP , ETL , data warehouse, dan Perancangan OLAP (On-Line Analytical Processing).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...