Paedagogia: Jurnal Pendidikan
Vol 12 No 2 (2023): PAEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan

The Influence of Teacher Characters on Students' Learning Interest at Budi Mulia Tanjung Mulia Hilir Junior High School Padang

Siti Nur Annisa (Unknown)
Ritonga, Asnil Aidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Seorang guru harus memiliki ilmu yang mumpuni dan karakter yang baik, yang dapat merangkul serta mendorong peserta didiknya dalam mencapai tujuan belajar. Tugas guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran namun juga harus mampu untuk memahami tiap peserta didiknya. Sehingga peserta didik lebih antusias ketika pembelajaran berlangsung jika diajarkan oleh guru dengan karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh karakter guru terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Swasta Budi Mulia Tanjung Mulia Hilir. Waktu penelitian dilakukan pada 13 Maret - 28 Agustus 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik penentuan sampel menggunakan non-probability sample yakni sampling jenuh, dengan mengambil seluruh populasi siswa kelas VII di SMP Swasta Budi Mulia sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis regresi sederhana (uji summary dan anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,704. Dengan tingkat signifikasi sebesar 0,009<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas yakni karakter guru dengan variabel terikat yakni minat belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

FOKUS Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang keilmuan dan praktik pendidikan, baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. SKOP Berisi kajian-kajian Pendidikan secara teoritik dan ...