Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Annur dikarenakan guru lebih menggunakan buku sebagai sumber belajar, sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media video berbasis powerpoint pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Annur. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil tes siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa jadi lebih aktif saat menggunakan media video berbasis powerpoint sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I persentase ketuntasan mencapai 61,11%, kemudian pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 88,89%. Hasil rata-rata persentase observasi guru pada siklus I mencapai 61,11%, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata persentase mencapai 77,78%. Dan hasil rata-rata persentase observasi siswa pada siklus I mencapai 63,19%, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata persentase mencapai 81,25%. Hal ini menunjukan bahwa hasil tes siswa dan lembar observasi dikatagorikan baik, sehingga penggunaan media video berbasis powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Annur
Copyrights © 2023