Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 10 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Upaya Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika Materi FPB dan KPK dengan Metode Ice Breaking : Penelitian Tindakan Kelas di SDN Margaluyu

Dani Buldani (SDN MARGALUYU)
Suhenda Suhenda (Universitas Terbuka)
Nurfajrin Ningsih (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang membuat proses pembelajaran tersebut terasa menyenangkan dan bermakna. Sehingga ilmu pengetahuan yang didapatkan tersimpan dalam ingatan lebih lama. Guru berperan untuk memberi rangsangan (stimulus) agar siswanya mau mempelajari suatu materi pembelajaran tertentu. Guru membimbing dan membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswanya. Sehingga siswa lebih aktif untuk belajar dan kegiatannya beraneka ragam. Dari uraian di atas, peneliti melakukan refleksi terhadap pembelajaran, maka didapati Siswa terlihat kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Hal ini ditandai dengan siswa beberapa kali menanyakan jam istirahat atau kapan pembelajaran berakhir. Kemudian peneliti analisis dan merasa bahwa metode pembelajaran kurang variatif sehingga kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika materi FPB dan KPK dengan metode Ice Breaking (Penelitian Tundakan Kelas di SDN Margaluyu). Setelah dilakukan Tindakan dengan 2 siklus, maka ditariklah kesimpulan bahwa metode Ice Breaking dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilai siswa meningkat pada saat sebelum perbaikan adalah 78, setelah perbaikan siklus 1 menjadi 83, dan setelah perbaikan siklus 2 menjadi 87.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...