Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pengembangan kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Sinar Islami bingai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bidang matapelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah  Sinar Islami Bingai. Pengembangan kurikulum dibedakan antara yang bersifat sentralisasi, desentralisasi, sentral desentral. Proses Pengembangan Kurikulum berasal dari visi yang dicanangkan, kebutuhan stakeholders (siswa, masyarakat, pengguna lulusan), kebutuhan untuk studi lanjutan, hasil evaluasi kurikulum sebelumnya dan tuntutan perkembangan iptek dan zaman. Selain itu, pandangan-pandangan para pakar dengan berbagai latar belakangnya juga kecendrungan era globalisasi yang menuntut seseorang untuk memiliki etos belajar sepanjang hayat, sosial, ekonomi, politik, budaya dan teknologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020