Motivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKN SDN 8 Kedungsari tergolong masih sedang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PPKN di SDN 8 Kedungsari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif metode studi kasus. Subjek penelitiannya adalah 5 siswa dari kelas V dan wali kelas V yang diambil menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan analisis data bahwa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn masih tergolong sedang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya ialah siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi, lingkungan belajar yang tidak kondusif, serta semangat dari orang tua siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru telah menjalankan perannya dengan upaya untuk mengatasi beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn namun hasilnya belum maksimal sehingga harus lebih diupayakan lagi. Saran yang harus diperhatikan kepada siswa ialah agar siswa lebih mendorong dirinya agar termotivasi belajar. Kepada guru supaya dapat menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023