Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar kelas Vlll SMP Negeri 15 Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 6 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 15 tanjungpinang. Masing-masing dengan kategori kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Dari hasil penelitian tentang kemampuan penalaran matematis siswa menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu memperkirakan proses penyelesaian, menganalisa situasi atau proses matematika, menyusun argumen yang valid, dan menarik kesimpulan yang logis. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang tidak memenuhi indikator pada menarik kesimpulan yang logis, sedangkan pada siswa yang memliki kemampuan penalaran matematis rendah hanya mampu memenuhi indikator memperkirakan proses penyelesaian.
Copyrights © 2023