Anatomi merupakan ilmu yang wajib dipelajari oleh mahasiswa kedokteran dengan media kadaver sebagai media utama. Kadaver dapat memberikan gambaran anatomi manusia secara tiga dimensi. Namun, kadaver juga memiliki berbagai kelemahan yang dapat memengaruhi capaian pembelajaran mahasiswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran anatomi menggunakan kadaver. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik korelasi. Populasi penelitian adalah 45 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra tahun 2018 dengan sampel penelitian yang memenuhi kriteria inklusi sejumlah 42 mahasiswa. Data primer diambil dari jawaban kuesioner sampel penelitian dan data sekunder berupa nilai ujian praktikum anatomi semester 1 dan 2 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra tahun 2018. Hasil uji paired t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai ujian praktikum anatomi semester 1 dan 2 (nilai = 0,000, p < 0,05). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran anatomi menggunakan kadaver dengan capaian pembelajaran anatomi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra tahun 2018 (r = 0,513, p < 0,05).
Copyrights © 2021