Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Ekobis-DA)
Vol 3, No 02 (2022): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis EKOBIS-DA

PENGARUH HARGA DAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM MUKENA ICAIMA_OFFICIAL MARTAPURA

Siti Aminah (Unknown)
Muh. Arief Budiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2022

Abstract

AbstrakKeberadaan dan keanekaragaman media sosial disaat ini dimanfaatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk tujuan pengembangan bisnis. Sosial media yang banyak digunakan di kalangan masyarakat saat ini salah satunya adalah Instagram. Dalam penelitian ini ada 2 variabel yang digunakan dalam mengukur pengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk mukena oleh Icaima_Official. Variabel harga sebagai (X1) dan variabel promosi melalui media sosial Instagram sebagai (X2) kemudiaan variabel terikat (Y) adalah Keputusan Pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan hasil uji t dengan nilai thitung > ttabel 3,576 > 0,67703 dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05, dan promosi melalui media sosial Instagram (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan hajil uji t dengan nilai thitung > ftabel (2,474 > 0.67703) dengan tingkat signifikansi 0,015 < 0,05. Kemudian secara bersamaan harga (X1) dan promosi melalui media sosial Instagram (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai fhitung > ftabel (35,469 > 3,09) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel harga (X1) dan promosi melalui media sosial Instagram (X2) memiliki pengaruh sebesar 42,2% sedangkan 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian seperti kualitas, kelengkapan produk dan lain-lain.Kata kunci: Harga; Instagram; Keputusan Pembelian; Promosi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ilmiah yang terbit dua kali setahun, Januari – Juni dan Juli – Desember. Memuat tulisan yang diangkat dari hasil telaahan dan kajian analitis-kritis maupun dari hasil penelitian dalam bidang Ekonomi dan Bisnis Islam atau ...