Memiliki anak yang memiliki moralitas yang baik adalah keinginan setiap orangtua.Perkembangan moral anak harus menjadi perhatian setiap orang tua. Semua orangtua memiliki peran penting dalam membangun moralitas yang baik kepada anak-anaknya. Anak sebagai peniru yang baik akan melalukan apa yang mereka lihat, sehingga orangtua dalam hal ini perlu menjadi panutan yang baik bagi anak. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan seorang anak agar dapat membedakan yang benar maupun salah, sehingga anak dapat berperilaku dengan baik. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui program perlibatan orangtua dan masyarakat dalam upaya pembentukan moralitas anak di PAUD. Adapun metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif, yang mana teknik dan analisis data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Proses perkembangan moral pada diri anak akan berpengaruh terhadap perilaku atau sikap yang diaktualisasikan olehnya kepada orangtua maupun terhadap sesamanya. Selain keluarga yang dilibatkan, harapanya potensi masyarakat sekitar juga dapat dimanfaatkan demi tercapainya tujuan pendidikan anak. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk membangun kerjasama dengan pihak sekolah dalam membangun kolaborasi dalam pendidikan anak. Bentuk keterlibatan orangtua berupa kolaborasi dengan masyarakat merupakan wujud integrasi trisentra pendidikan. Ada sejumlah inisiatif program kerja yang dapat mendudkung pertukaran komunikasi antara sekolah dan keluarga, antara lain: a) menciptakan pusat keluar, b) membuat papan bulletin keluarga, c) mengadakan rapat atau pertemuan antara guru dan keluarga, d) melibatkan media cetak, e) membuat website, d) menciptakan program kegiatan- kegiatan.
Copyrights © 2023