Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 9 No 20 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Pemasaran Produk UMKM Melalui Strategi Branding Di Desa Ngepoh Kabupaten Probolinggo

Salam, Muhammad Nur (Unknown)
Hidayat, Endik (Unknown)
Aprilina, Della (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai sumber pendapatan. Pengembangan dalam UMKM membutuhkan upaya membangun citra merek dari bisnis UMKM tersebut melalui strategi branding produk.. Di Desa Ngepoh mempunyai dua sektor UMKM yang potensial untuk dikembangkan, yaitu UMKM Peyek Mbak Liya dan UMKM Bagor Kremes. Namun berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan yang telah dilakukan masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi para UMKM dalam mengelola usaha mereka yaitu kurangnya pemahaman tentang pentingnya branding produk sebagai strategi pemasaran, kurangnya pemahaman tentang elemen-elemen yang termasuk dalam branding produk, seperti logo sehingga logo menjadi kurang menarik. Tahap pelaksanaan yang dilakukan adalah sosialisasi branding dan pembuatan desain logo. Dengan adanya sosialisasi branding dan pembuatan desain logo tersebut dapat memudahkan UMKM dalam membangun brand produk dengan tujuan mengembangkan dan memasarkan produk serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang brand awareness produk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...