Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui: 1) skor motivasi belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Makassar sebelum dan sesudah diajar dengan media Sparkol Videoscribe pada materi “Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari”, 2) kategori peningkatan motivasi belajar IPA yang diajar dengan media Sparkol Videoscribe, 3) apakah penerapan media Sparkol Videoscribe dapat meningkatkan motivasi belajar IPA, dan 4) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara peningkatan motivasi belajar IPA. Adapun jenis penelitian yang di gunakan yaitu “Pre-Experiment” dengan desain penelitian “One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan peserta didik kelas VIII dengan menggunakan cara “purposive sampling” yaitu mengklasifikasikan 3 kelas berbeda: kelas VIII.1 19 orang; VIII.2 26 orang; dan VIII.7 16 orang. Instrumen penelitian ini mengunakan angket motivasi belajar. Dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Kesimpulan hasil analisis: (1) skor motivasi belajar IPA saat motivasi awal adalah 90,41 sedangkan skor motivasi akhir adalah 103,11; (2) kategori peningkatan motivasi belajar IPA berada pada kategori sedang yaitu 0,42; (3) penerapan media Sparkol Videoscribe dapat meningkatkan motivasi belajar IPA dengan nilai motivasi 12,44; (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan motivasi belajar IPA setelah penerapan media Sparkol Videoscribe dengan nilai motivasi 2,619.
Copyrights © 2023