Collaborative Medical Journal (CMJ)
Vol 6 No 2 (2023): Mei

PEMBERIAN FEEDBACK SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABDURRAB PEKANBARU

Huda Marlina Wati (Unknown)
Juwaidah Hasibuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Ujian formatif bertujuan untuk memperbaiki proses dan metode pembelajaran. Dari data yang sudah didapatkan bahwasanya nilai ujian sumatif dipengaruhi oleh ujian formatif. Adapun tujuan dari ujian formatif adalah memberikan feedback agar tercapai tujuan pembelajaran tersebut. Selama pembelajaran online mahasiswa fakultas kedokteran universitas abdurrab melakukan ujian formatif pada setiap modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas ujian formatif dengan pemberian feedback selama pembelajaran online pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperimental dengan desain posttest only control group. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling dan uji beda menggunakan Mann Whitney. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara persepsi mahasiswa terhadap ujian formatif yang diberikan feedback dan tanpa pemberian feedback pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab Pekanbaru. Hasil uji korelasi di peroleh nilai p 0,000. Ada perbedaan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap ujian formatif yang diberikan feedback dan tanpa pemberian feedback.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cmj

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Neuroscience Public Health

Description

Collaborative Medical Journal (CMJ) adalah open access journal yang memuat artikel ilmiah di bidang ilmu kedokteran dan kesehatan, yang meliputi ilmu kedokteran dasar, ilmu kedokteran klinis, ilmu kedokteran komunitas, dan ilmu kesehatan masyarakat. Collaborative Medical Journal (CMJ) merupakan ...