Fikrah : Journal of Islamic Education
Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 7 No. 2 December 2023

EVALUATION OF ISLAMIC COUNSELING GUIDANCE TO ENHANCE BROKEN HOME STUDENTS’ CONFIDENCE

Choiriyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  evaluasi konsep bimbingan konseling  dengan upaya ada peningkatan rasa percaya pada sisswa broken home. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Surakarta . Adapun obyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi khususnya  10  siswa dari Broken  Home. Sedangkan informan meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru BK dan 10 siswa itu sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan bimbingan konseling islam berbentuk pengelompokan mengaji/ tadarrus al-Qur’an, nasehat agama, orientasi remaja, family gathering, dan konsultasi agama, (2) Rasa percaya diri dapat dipupuk di madrasah dengan memupuk keberanian untuk bertanya kepada guru, guru aktif mengajukan pertanyaan kepada peserta didik, melatih diskusi dan berdebat, mengerjakan soal di depan kelas, bersaing dalam prestasi belajar, aktif dalam bertanding olahraga, belajar pidato, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, mengikuti kegiatan seni vokal, penerapan disiplin yang konsisten, aktif dalam kegiatan bermusik, ikut serta dalam berorganisasi, menjadi pemimpin upacara, ikut dalam pencinta alam, dan memperluas pergaulan yang sehat, (3) Layanan yang digunakan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar peserta didik broken home: layanan orientasi agama, layanan informasi keagamaan kepada siswa,  layanan penempatan dan penyaluran bakat keberagamaan siswa,  layanan bimbingan pengajian agama, layanan konseling dan bimbingan agama kelompok siswa, (4) Faktor pendukung layanan bimbingan konseling Islam berupa nilai-nilai Islam bisa mampu melayani layanan bimbingan konseling Islam yang bersumber pada al-Qur’an dan al-Hadis, dan faktor penghambat layanan bimbingaan konseling adalah kurang memahaminya materi dan nilai-nilai agama, kurang terbentuknya lingkungan yang memadai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...