Game edukasi merupakan salah satu bentuk kreatifitas yang harus dimiliki guru pada masa pandemi seperti saat ini. Masa pandemi yang berkepanjangan membuat proses pembelajaran tidak dapat berjalan normal seperti biasanya. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi maka diciptakan model pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran agar dapat menyesuaikan masa pandemi supaya pembelajaran dapat berjalan lancar dan berdampak baik pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan game edukasi pada model pembelajaran hybrid learning, mengetahui faktor-faktor pendukung penyebab kurangnya minat pada mata pelajaran PAI, dan peranan game edukasi terhadap hasil belajar PAI. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Bogor pada siswa kelas VII. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan siswa kelas VII. Teknik pengambilan data melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi lalu divalidasi dengan triangulasi sumber. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mneyatakan bahwa game edukasi mempunyai banyak peran pada model pembelajaran hybrid learning salah satunya meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar PAI siswa meningkat dan mencapai ketuntasan.
Copyrights © 2023