Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 7, No 2 (2023)

PERANAN GAME EDUKASI PADA MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BOGOR

Sulistiyanti, Nur Afiyah (Unknown)
Mubarok, Zahid (Unknown)
Nawawi, Muhammad Kholil (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Game edukasi merupakan salah satu  bentuk kreatifitas yang harus dimiliki guru pada masa pandemi seperti saat ini. Masa pandemi yang berkepanjangan membuat proses pembelajaran tidak dapat berjalan normal seperti biasanya. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi maka diciptakan model pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran agar dapat menyesuaikan masa pandemi supaya pembelajaran dapat berjalan lancar dan berdampak baik pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan game edukasi pada model pembelajaran hybrid learning, mengetahui faktor-faktor pendukung penyebab kurangnya minat pada mata pelajaran PAI, dan peranan game edukasi terhadap hasil belajar PAI. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Bogor pada siswa kelas VII. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan siswa kelas VII. Teknik pengambilan data melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi lalu divalidasi dengan triangulasi sumber. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mneyatakan bahwa game edukasi mempunyai banyak peran pada model pembelajaran hybrid learning salah satunya meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar PAI siswa meningkat dan mencapai ketuntasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...