Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 4, No 5 (2023)

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN E-LEARNING DI SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE (TAM)

Denada Ragil Adimas (Universitas Nusa Mandiri Jakarta)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi efektivitas dan kualitas dalam belajar siswa, sebagai contoh di sekolah-sekolah, khususnya di sekolah dasar para guru menggunakan E-Learning platform untuk menggantikan pembelajaran tatap muka. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi platform E-Learning Google Classroom sebagai media pembelajaran selama COVID-19. Studi ini menjaring 100 siswa kelas 1 hingga kelas 6 sekolah dasar Al Azhar Solo Baru, para siswa diberikan butir-butir pertanyaan melalui Google Form terkait penggunaan aktivitas mereka dalam belajar online menggunakan platform Google Classroom. Technology Acceptance Model (TAM) adalah framework utama paper ini untuk dianalisis, model ini terdiri dari 5 indikator : Blended E-Learning System Self-Efficacy, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Intention to Use, Perceived Satisfaction. Software yang digunakan yaitu SMART PLS 3.0. Secara keseluruhan model yang diusulkan telah berhasil menjelaskan faktor-faktor para siswa sekolah dasar dalam manfaat yang didapat dalam menggunakan E-Learning selama pandemi COVID-19 di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...