Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 11, Nomor 2, Mei 2023

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VII SMP NEGERI 1 LAKUDO

Kasman Kasman (SMP Negeri 1 Lakudo)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Layanan Bimbingan Belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lakudo. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu X sebagai nilai angket dan Y sebagai nilai hasil belajar. Penelitian ini yang datanya terbentuk angka atau diangkakan (skorsing). Jenis penelitian ini yang akan digunakan adalah penelitian studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 345 siswa. Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik total sampling (jumlah secara keseluruhan) sebanyak 84 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah diperoleh dari hasil observasi, dokumen dan angket/lembar pengisian soal dari variable X (Layanan Bimbingan Belajar) dan Y (Prestasi belajar) dan data sekolah. Teknik pengumpulan data ini menggunakan model observasi, angket dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bertolak pada kualitas lulusan, pendidikan merupakan tanggungjawab kolektif semua pihak yang terlibat dalam pendidikan, lebih-lebih lembaga penyelenggara tenaga kependidikan. Mutu pendidikan dipermasalahkan jika hasil pendidikan belum mencapai taraf kualitas yang diharapkan. Penetapan mutu pendidikan dilakukan oleh lembaga penyelenggara tenaga kependidikan. Mutu pendidikan selanjutnya dijadikan sebagai acuan dalam menyatakan kualitas pendidikan yang diinginkan. Oleh karenanya, hasil belajar yang bermutu hanya mungkin dicapai melalui proses belajar yang bermutu pula. Jika proses belajar tidak optimal, maka sangat sulit diharapkan terjadinya hasil belajar yang bermutu. Jika kenyataannya belajar tidak optimal tetapi menghasilkan skor ujian yang maksimal, maka bisa dipastikan bahwa hasil belajar tersebut adalah semu. Ini mengindikasikan bahwa masalah pendidikan lebih terletak pada proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar. Bimbingan belajar tidak akan maksimal jika tidak ada evaluasi hasil belajar pasca dilakukan bimbingan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...