Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran daring di Kelurahan Ngkari-Ngkari; 2) Untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring di Kelurahan Ngkari-Ngkari; dan 3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian, yaitu: 7 orang tua yang anaknya bersekolah di SMP Negeri 9 Baubau sebagai responden. Instrumen pengumpulan data yaitu melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian dianalis dengan menggunakan tehnik data reduksi, data paparan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Metode pembelajaran daring di Kelurahan NgkariNgkari berjalan dengan baik dan tertib, media yang digunakan pada pembelajaran dari HP dan paket internet serta orang tua menyediakan sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak; 2) Peran orang tua dalam pembelajaran daring sangat dibutuhkan sebagai falilitator, orang tua menyediakan sarana dan prasarana belajar yaitu HP dan paket data, orang tua juga sebagai sumber belajar. Sebagai motivator yaitu memberikan hadiah bila nilai prestasi bagus mengarahkan anak untuk membuat tugas tepat waktu, memberikan pujian ketika anak selesai melakukan tugas belajarnya, memberikan hadiah atau makanan ketika hasil atau nilai anak membaik. Dan inspirator bahwa untuk mencapai keberhasilan diperlukan kerja keras yaitu belajar, karena dalam situasi tertentu anak butuh perhatian orang tua yang berada di sekitarnya atau didekatnya agar mendapat nilai yang tinggi; 3) ke dalam metode pembelajaran daring di kelurahan Ngkari-Nngkari pada masa pandemic Covid-19, yaitu terkendala dengan HP, jaringan dan peket data, sulit memahami materi yang diberikan dan kurangnya pemahaman tentang materi yang diberikan, karena guru hanya mengirim materi tanpa menjelaskan materi yang dikirim oleh guru, dan waktu orang tua siswa lebih banyak di sawah sehingga kurang melakukan pengawasan dalam proses belajar berlangsung.
Copyrights © 2023