Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 11, Nomor 2, Mei 2023

PERSEPSI SISWA TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DI SD NEGERI KECIL WAMEMBE

Amiruddin Amiruddin (SD Negeri Kecil Wamembe)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, dan mengelola kelas guru SD Negeri Kecil Wamembe. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan secara kualitatif dan kuantitatif terhadap permasalahan yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kecil Wamembe dengan jumlah siswa sebanyak 65 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket sebanyak 20 item. Teknik dan prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan mengunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi siswa terhadap keterampilan bertanya terhadap guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 68%, keterampilan memberi penguatan berada pada kategori baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 48%, keterampilan mengadakan variasi berada pada kategori baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 49%, keterampilan menjelaskan berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai yang diperoleh sebesar 72%, keterampilan membuka dan menutup pelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai sebesar 89%, dan keterampilan mengelola kelas berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai sebesar 82%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...