Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, dan mengelola kelas guru SD Negeri Kecil Wamembe. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan secara kualitatif dan kuantitatif terhadap permasalahan yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kecil Wamembe dengan jumlah siswa sebanyak 65 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket sebanyak 20 item. Teknik dan prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan mengunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi siswa terhadap keterampilan bertanya terhadap guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 68%, keterampilan memberi penguatan berada pada kategori baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 48%, keterampilan mengadakan variasi berada pada kategori baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 49%, keterampilan menjelaskan berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai yang diperoleh sebesar 72%, keterampilan membuka dan menutup pelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai sebesar 89%, dan keterampilan mengelola kelas berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai sebesar 82%.
Copyrights © 2023