Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)

IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA DINI DARI ORANGTUA YANG BERBEDA BANGSA DI CLC SANGGAR BELAJAR SENTUL KUALA LUMPUR MALAYSIA

Nurhayati, Tati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini (usia 6-8 Tahun) di CLC (Community Learning Center) SB Sentul Kuala Lumpur Malaysia melalui wawasan kebangsaan yang bisa menanamkan nilai-nilai Profile Pelajar Pancasila dalam diri peserta didik dengan latar orang tua yang berbeda bangsa, sebagaimana tujuan dari wawasan kebangsaan ini yang menanamkan nilai-nilai profil pelajar pancasila, mendidik warga negara supaya supaya menjadi warga negara yang baik, terjaganya nilai luhur luhur moral bangsa, patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis serta pancasila sejati (Somantri, 2001:279). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus disertai pendekatan fenomologi adapaun instrument yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display, dan tahap pengumpulan data. Metode penelitian ini dipilih karena peneliti ingin memperoleh data yang dapat mendeskripsikan penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter melalui wawasan kebangsaan peserta didik secara real dalam penelitian.penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan penguatan nilai nilai pancasila melalui wawasan kebangsaan sebagai upaya perwujudan profil pelajar pancasila dan mengetahui implemetasi profil pelajar. Menurut Sugiyono (2016) menyatakan bahwa metode deskriptif adalah suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: melalui wawasan kebangsaan dapat memberikan penerapan pada nilai-nilai profil pelajar dan kemampuan anak dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila. Sehingga peserta didik lebih mengenal beraneka ragamnya suku bangsa, mengenal daerah asalnya, mengenal arti dari lambang bendera Indonesia, mengenal lagu-lagu wajib, lagu lagu daerah, permainan tradisional dan keberagaman budaya Indonesia. Sehingga dapat menimbulkan kecintaan terhadap Indonesia. Kesimpulan, dari temuan tersebut bahwa Implemetasi Profil Pelajar Pancasila dapat mengembangkan wawasan kebangsaan pada anak usia dini dari orang tua yang berbeda bangsa di sanggar belajar Sentul Kuala Lumpur Malaysia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...