Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSSY BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM NURUL HALIM

Kemuning, Merli (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan perkembangan yang terkait dengan kemampuan berpikir seseorang yang diartikan sebagai perkembangan yang menunjukan kemampuan intelektual.salah satunya adalah bahasa arab untuk anak bahasa arab yang sederhana mengenal kata kata sederhana dalam bahasa arab. Pada penelitian ini menggunakan media Busy book untuk melihat permasalahan yang ada pada kelompok A di TK Nurul Halim dalam peningkatan perkembangan anak dalam pembelajaran BahasaArab Anak. Dalam penelitian ini yaitu kelompok A TK Nurul Halim, dengan jumlah siswa 17 siswa yang terdiri dari 12 amak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini meliputi indikator anak mampu mengklasifikasikan warna, bentuk, dan ukuran dengan baik mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian sebelum atau pra tindakan didapat data sebagai berikut: Dapat diuraikan Pratindakan hanya 2 anak yang tuntas dengan presentase 12% dan 15 Anak tidak tuntas dengan presentase 88%dengan hasil rata-rata 1,7 dan presentase keberhasilan 44%, Pada Siklus I ada hari ke 2 mengalami kenaikan dengan presentase 47%,presentase keberhasilan 62,5%, pada siklus ke II mengalami kenaikan yang signifikan yaitu dengan Rata-rata 3,5 dan dengan hasil presentase keberhasilan 87,5% dan dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa arab dengan menggunakan media bussy book sangat berpengaruh sehingga mengalami perkembangan yang sangat memuaskan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...