Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B KB IZZATUL ISLAM PENGABEAN KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES

Rahayu, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini yaitu sebagian besar guru masih rendah dalam memahami kemampuan pedagogik guru, dimana kemampuan pedagogik guru sangat berperan penting terhadap motivasi belajar anak. Penelitian ini berdasar pada teori kompetensi pedagogik guru, dalam Undang Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pada pasal 10 ayat 1 (dalam Payong & Marselus, 2011:28) guru profesioanl harus memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D-IV dan memiliki empat stadar kompetensi yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesionalisme dan Kompetensi Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa, dan untuk menggambarkan kompetensi pedagogik guru dalam menguatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display dan verifikasi. Temuan dalam penelitian ini adalah kemampuan kompetensi pedagogik guru dalam penguatan motivasi belajar anak usia dini. Kesimpulan dari temuan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan kompetensi pedagogik guru dapat menguatkan motivasi belajar anak pada kelompok B KB Izzatul Islam Pengabean.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...