Permasalahan dari penelitian ini yaitu sebagian besar guru masih rendah dalam memahami kemampuan pedagogik guru, dimana kemampuan pedagogik guru sangat berperan penting terhadap motivasi belajar anak. Penelitian ini berdasar pada teori kompetensi pedagogik guru, dalam Undang Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pada pasal 10 ayat 1 (dalam Payong & Marselus, 2011:28) guru profesioanl harus memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D-IV dan memiliki empat stadar kompetensi yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesionalisme dan Kompetensi Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa, dan untuk menggambarkan kompetensi pedagogik guru dalam menguatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display dan verifikasi. Temuan dalam penelitian ini adalah kemampuan kompetensi pedagogik guru dalam penguatan motivasi belajar anak usia dini. Kesimpulan dari temuan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan kompetensi pedagogik guru dapat menguatkan motivasi belajar anak pada kelompok B KB Izzatul Islam Pengabean.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023