Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan media pembelajaran audio visual dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD). Dengan melakukan penelitian ini juga akan diketahui seberapa efektifitas media audio visual ketika digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dengan cara mencari data yang berkaitan dengan pembahasan dalam judul penelitian yang peneliti ambil. Dalam penelitian ini data data yang relevan dikumpulkan dengan berbagai cara, yaitu dengan studi pustaka, studi literatur, serta beberapa pencarian di internet. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis media pembelajaran audio visual yang digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di Indonesia diantaranya media video pembelajaran, powerpoint, multimedia sejenis aplikasi canva dan zepeto serta pop up book digital. Dari hasil analisis beberapa jurnal menunjukkan media audio visual yang saat ini paling banyak diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu jenis video pembelajaran dengan hasil presentase yaitu 54%, hal ini diketahui video pembelajaran dapat berperan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif karena indra penglihatan serta pendengaran anak dapat bekerja secara bersamaan, selain itu video pembelajaran juga dikatakan efektif serta menyenangkan dalam dunia anak dan pembelajaran juga menjadi lebih positif setelah digunakannya video pembelajaran.
Copyrights © 2023