Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)

IMPLEMENTASI METODE READ ALOUD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10

Taminih, Taminih (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah bahwa metode pembelajaran sangat diperlukan, agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Salah satu caranya yaitu menggunakan metode read aloud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode read aloud dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian di TK Cendrawasih Tinumpuk. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah TK Cendrawasih, dan guru. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, buku-buku, dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumen-dokumen catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode read aloud dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 sudah efektif dapat dilihat dari data-data yang peneliti lakukan diantaranya RPP, observasi, wawancara dan dokumentasi. Guru sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa dapat dilihat ketika guru mengajukan pertanyaan atau feedback kepada siswa, siswa mampu menjawab sesuai dengan yang diharapkan, sekarang tidak ada lagi siswa yang tidak paham dengan mengenal angkan 1-10.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...