Latar belakang masalah ini adalah bahwa metode pembelajaran sangat diperlukan, agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Salah satu caranya yaitu menggunakan metode read aloud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode read aloud dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian di TK Cendrawasih Tinumpuk. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah TK Cendrawasih, dan guru. Adapun sumber data sekunder adalah jurnal, buku-buku, dan catatan-catatan. Kemudian dokumentasi berupa foto, dokumen-dokumen catatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode read aloud dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 sudah efektif dapat dilihat dari data-data yang peneliti lakukan diantaranya RPP, observasi, wawancara dan dokumentasi. Guru sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa dapat dilihat ketika guru mengajukan pertanyaan atau feedback kepada siswa, siswa mampu menjawab sesuai dengan yang diharapkan, sekarang tidak ada lagi siswa yang tidak paham dengan mengenal angkan 1-10.
Copyrights © 2023