Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)

PENERAPAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING POLA GARIS PADA KELOMPOK A DI TK BUSTHANUL ATHFAL AISYIYAH 06 SURABAYA

Wardani, Anisa Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Motorik halus menjadikan suatu keterampilan yang wajib dimiliki oleh anak usia dini. Keterampilan ini juga mempengaruhi masa depannya jika tidak dilatih. Selain itu masih banyak anak yang memiliki keterampilan motorik yang rendah. Hal ini disebabkan karena kemampuan motorik anak yang jarang dilatih. Selain itu, kurangnya penerapan yang diberikan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus melalui menggunting pola garis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif triangulasi dimana saat melakukan observasi peneliti hanya menjadi pengamat dilapangan. Subjek pada penelitian ini ada 2 yaitu guru dan murid. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu bersifat induktif atau kualitatif dan hasil penelitian kualitatif menekankan dari suatu kejadian yang terjadi. Hasil penelitian yaitu anak mampu melakukan kegiatan menggunting serta kemampuan motorik halusnya berkembang. Dapat disimpulkan bahwa Proses pembelajaran kegiatan motorik halus melalui kegiatan menggunting sudah baik, dilihat dari pengamatan peneliti bahwa kegiatan tersebut anak-anak mampu melatih kefokusan mata dan tangan, mampu melenturkan jari jemarinya dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...