Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah menurut John Dewey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII SMP Negeri 12 Kendari. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga terpilih 2 kelas sebagai sampel penelitian. Kelas VIII1 sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran langsung dan kelas VIII2 kelas eksperimen menerapkan model learning cycle 7E. Desain penelitian menggunakan posttest-only control group design. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siawa menurut John Dewey yang diajar dengan menerapkan model learning cycle 7E lebih tinggi dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut John Dewey yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah menurut John Dewey pada siswa SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023