Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 7 No 4 (2023): Volume 7, Nomor 4, 2023

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terpadu Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Inkuiri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Sains

Gatot Sutriyo (Universitas Pgri Adi Buana Surabaya, Indonesia)
Achmad Noor Fatirul (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)
Djoko Adi Waluyo (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode CTL dan Inkuiri terhadap prestasi belajar Sains siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang akan digunakan didalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan factorial 2 x 2. Ini berdasarkan jumlah variable yang ada, yaitu: Variabel bebas, Variabel moderator, Variabel terikat yai. Dalam penelitian ini untuk menganalisis data digunakan analisis varian (Anava) tiga jalan 2x2x2 dengan sel tak sama. Namun sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis diperoleh t-hitung 3,065 > 1,978 dan peluang kesalahan (p) 0,003 < 0,05, dengan demikian ada perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran tipe CTL dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran tipe Inkuiri. Nilai rata-rata peserta didik adalah 71,48 sedangkan nilai rata-rata peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Inkuiri adalah 65,78. hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe CTL memberikan hasil yang berbeda dibandingkan dengan model pembelajaran tipe Inkuiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...