AbstrakSecara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai pengaruh disiplin guru terhadap efektivitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup, yang disebarkan kepada 50 orang guru sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus Weighted Means Score (WMS), diperoleh gambaran umum disiplin guru berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,43. Sementara gambaran umum Efektivitas Pembelajaran berada pada kategori sangat baik, dengan skor rata-rata 4,27. Hasil uji normalitas terhadap distribusi data menunjukkan bahwa disiplin guru dan efektivitas pembelajaran berdistribusi normal, selanjutnya analisis data menggunakan statistik parametrik, yaitu dengan analisis korelasi, uji koefisien determinasi, uji signifikansi, dan analisis regresi. Analisis korelasi disiplin guru dan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Pearson Product Moment memiliki hubungan yang signifikan. Hal tersebut dilihat dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,764 yang berada pada kategori kuat, dengan koefisien determinasi sebesar 58,3 %. Adapun hasil uji signifikansi dengan uji-t diperoleh thitung = 8,200 dan diketahui ttabel yaitu 2,021, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin guru terhadap efektivitas pembelajaran. Begitu juga hasil analisis regresi diperoleh persamaan yaitu Ŷ = 9,819 + 0,802X, artinya bahwa setiap ada perubahan satu unit pada disiplin guru akan meningkat 0,802 pada efektivitas pembelajaran dengan arah perubahan positif. Berdasarkan hasil pengujian statistik secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa disiplin guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Kota Bandung.Kata Kunci : Disiplin, Guru, Efektivitas Pembelajaran
Copyrights © 2013