Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter peserta didik di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi . Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah beserta guru pada madrasah Ibtidaiyah An-Najah Syekh Silau Desa Silo Lama Dusun VI Kabupaten Asahan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik reduksi, display data dan penyimpulan data hasil penelitian. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan kepala Madrasah Ibtidaiyah An-Najah Syekh Silau dalam membina pendidikan karakter peserta didik di era digital saat ini yaitu dengan menanamkan beberapa pendidikan karakter sejak dini seperti pembentukan karakter religius, kedisiplinan, kejujuran, toleransi, kerja keras, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air tanggung jawab, serta peduli lingkungan yang tujuannya adalah untuk menanamkan nilai-nilai moral yang mulai luntur di lingkungan anak-anak akibat pengaruh teknologi yang mereka dapatkan saat ini, sehingga jika penanaman moral/karakter ini ditanamkan sejak dini diharapkan anak-anak di masa yang akan datang mempunyai moral yang baik, karena apabila hal ini dibiarkan sejak kecil maka akan mungkin mengahancurkan generasi-generasi muda pada masa yang akan datang . Adapun strategi yang dilakukan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah An-Najah Syekh Silau adalah membuat peraturan serta kebijakan-kebijakan yang dapat mengontrol perkembangan anak didik seperti tidak membawa HP ke sekolah kecuali untuk keperluan pembelajaran dan jika masih didapati siswa yang membawa hp pada saat jam pelajaran maka sekolah membuat aturan berupa penarikan HP dan menyerahkannya kepada orang tua.
Copyrights © 2023