Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas IX.6 MTsN 4 Kota Padang dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran melalui model pembelajaran Discovery Learning di Kelas IX.6 MTsN 4 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 38 orang peserta didik Kelas IX.6 MTsN 4 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 79.11 (Baik) meningkat menjadi 83.03 (Baik).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023