Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS IX B SMP SUSTER PONTIANAK

Wijaya, Eligia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Pelaksanaan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di SMP Suster Pontianak kini dititikberatkan pada kemampuan siswa. Berdasarkan kurikulum merdeka siswa dituntut lebih proaktif dalam pembelajaran. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan di sekolah-sekolah diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah: apakah penggunaan metode SQ3R efektiv dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas IX B SMP Suster Pontianak; apakah terdapat hambatan atau kendala pada penggunaan metode SQ3R dalam meningkatkan Kemampuan membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas IX B SMP Suster Pontianak. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui efektifitas penggunaan metode SQ3R dalam meningkatkan Kemampuan membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas IX B SMP Suster Pontianak, ingin mengetahui hambatan atau kendala pada penggunaan metode SQ3R dalam meningkatkan Kemampuan membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas IX B SMP Suster Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan Tindakan dalam dua kali pertemuan. Tenknik pengumpulan data observasi langsung, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil tes pada siklus I kemampuan membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas IX B SMP Suster Pontianak, dengan nilai rata-rata 78.56, dengan kategori cukup. Selanjutnya hasil tes pada siklus II, kemampuan membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas IX B SMP Suster Pontianak, memperoleh nilai rata-rata 92,7, dengan kategori sangan baik. Berdasarkan hasil tes sikkus I dan II, dapat disimpulkan penggunaan Metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas IX B SMP Suster Pontianak. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Metode SQ3R

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...