Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Kansasi

KEMAMPUAN MENULIS RESENSI BUKU PENGETAHUAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 NANGA TAMAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hendrikus Hendri (SMP Negeri 8 Nanga Taman)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Peneliti memfokuskan penelitian ini pada kemampuan menulis resensi buku pengetahuan oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Nanga Taman tahun pelajaran 2021/2022 didasarkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, menulis resensi memerlukan pengetahuan khusus terhadap hakikat dan sistematika penulisannya. Kedua, berdasarkan hasil tanya-jawab peneliti dengan siswa di kelas IX, menulis resensi buku pengetahuan merupakan materi yang cukup sulit untuk dikuasai. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sistematika penulisan resensi, penggunaan kalimat efektif, dan penggunaan diksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik tidak langsung, yaitu melalui pemberian tugas menulis resensi buku pengetahuan kepada siswa dan menggunakan kuesioner. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembaran soal tes yang berisi tugas menulis resensi buku pengetahuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 8 Nanga Taman yang berjumlah 34 siswa. Data dalam penelitian ini adalah sistematika resensi, kalimat efektif, dan diksi yang terdapat dalam resensi siswa kelas IX SMP Negeri 8 Nanga Taman tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis resensi buku pengetahuan oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Nanga Taman tahun pelajaran 2021/2022 tergolong baik dengan persentase 67%. Hal tersebut dapat dilihat dari ketepatan sistematika resensi yang berjumlah 95 dengan persentase 56% dari 170 total sistematika penulisan resensi, keefektifan kalimat yang berjumlah 210 dengan persentase 52% dari 407 total penggunaan kalimat, dan ketepatan diksi yang berjumlah 7.409 dengan persentase 94% dari 7.867 total penggunaan diksi dalam resensi. Kedua, kemampuan menulis resensi buku pengetahuan oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Nanga Taman tahun pelajaran 2021/2022 ditinjau dari ketidaktepatan sistematika penulisan resensi, ketidakefektifan kalimat, dan ketidaktepatan diksi, yaitu dengan persentase 33%. Hal tersebut dapat dilihat dari ketidaktepatan sistematika penulisan resensi yang berjumlah 75 dengan persentase 44% dari 170 total sistematika resensi, ketidakefektifan kalimat yang berjumlah 197 dengan persentase 48% dari 407 total penggunaan kalimat, dan ketidaktepatan diksi yang berjumlah 458 dengan persentase 6% dari 7.867 total penggunaan diksi. Berdasarkan hasil analisis data dan kesimpulan, dikemukakan saran-saran yang berhubungan dengan kemampuan menulis resensi buku pengetahuan oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Nanga Taman tahun pelajaran 2021/2022 sebagai berikut. Pertama, siswa hendaknya meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang materi menulis resensi. Kedua, siswa hendaknya belajar tentang sistematika penulisan resensi, penggunaan kalimat efektif, dan penggunaan diksi. Ketiga, siswa hendaknya lebih banyak belajar tentang pemakaian huruf kapital, penulisan gabungan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca, dan penggunaan bahasa baku. Keempat, guru bahasa Indonesia hendaknya lebih banyak memberikan latihan menulis supaya dapat melatih dan membiasakan siswa untuk terampil. Kelima, pihak sekolah hendaknya meningkatkan sarana dan prasarana yang kurang khususnya buku-buku yang menunjang proses belajar mengajar, sehingga kegiatan pembelajaran di sekolah menjadi lebih efektif. Kata Kunci: Menulis Resensi, Buku Pengetahuan, dan Siswa SMP

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...