Jurnal Ekonomika dan Manajemen
Vol 12, No 2 (2023)

ANALISIS DAMPAK KEJAHATAN SIBER TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI TOKOPEDIA

Geraldy Pesakhim Sihombing (Pradita University)
Helmy Adrian Hamzah (Pradita University)
Chelyne Tian (Pradita University)
Tara Anabel Christy Lianda (Pradita University)
Muhammad Daffa Daniswara (Pradita University)
Muhammad Noval Saputra (Pradita University)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Tokopedia adalah salah satu perusahaan jual beli digital terbesar di Indonesia yang mengalami kasus kebocoran data pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepercayaan konsumen Tokopedia setelah mengalami kasus kebocoran data pengguna. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna Tokopedia sebagian besar tidak mengalami dampak langsung dari kasus kebocoran data tersebut. Namun, beberapa pengguna mengalami dampak buruk seperti peningkatan spam chat dari akun yang tidak dikenal, penyalahgunaan data pribadi, dam aktivitas transaksi yang mencurigakan di akun Tokopedia. Pengguna Tokopedia masih mempercayai marketplace ini meskipun terdapat kasus kebocoran data karena tokopedia merupakan salah satu marketplace yang memiliki fitur dan cara penggunaan yang paling mudah digunakan oleh para customer.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ema

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning ...