Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
Vol. 13 No. 2 (2023)

PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KINERJA ILMIAH SISWA PADA ERA NEW NORMAL: PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KINERJA ILMIAH SISWA PADA ERA NEW NORMAL

Mega Pratiwi, Ni Made (Unknown)
Pujani, Ni Made (Unknown)
Sujanem, Rai (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model blended learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa pada era new normal. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Banjarangkan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII yang berjumlah 114 siswa. Selanjutnya, 78 siswa dipilih menjadi sampel dengan teknik random sampling. Ada 3 instrumen utama yang digunakan, yaitu : tes kemampuan berpikir kreatif, tes kinerja ilmiah dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan formula multivariate analysis of variance. Hasil analisis menunjukan : 1) secara parsial, blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, 2) secara parsial, blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ilmiah siswa dan 3) secara simultan, blended learning berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. Hasil ini berimplikasi pada didorongnya penerapan blended learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa di era new normal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPF

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of physic education ...