Teknologi telah berperan penting dalam berbagai bidang, termasuk kesehatan, di mana rumah sakit memberikan pelayanan kesehatan berkualitas dan lengkap. Peningkatan jumlah rumah sakit selama sepuluh tahun terakhir menunjukkan persaingan global di antara rumah sakit, sehingga diperlukan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit dipengaruhi oleh kepuasan pasien, yang dapat diukur dari jumlah kunjungan harian pasien. Namun, rekapan data kunjungan pasien masih dilakukan secara manual di beberapa rumah sakit, termasuk di sebuah rumah sakit swasta di Denpasar. Hal ini menimbulkan beberapa masalah, seperti kesulitan dalam merekap data dan meningkatkan risiko kesalahan staf. Oleh karena itu, peneliti merencanakan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web untuk mempermudah manajemen rumah sakit dalam memonitoring jumlah kunjungan pasien untuk evaluasi peningkatan kualitas pelayanan. Aplikasi ini akan dibangun menggunakan Framework Laravel. Metode pengembangan aplikasi menggunakan model waterfall. Diharapkan dengan aplikasi ini dapat membantu manajemen rumah sakit dalam melakukan pelaporan kepada dinas kesehatan serta memonitoring jumlah kunjungan harian sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis dari rumah sakit dalam melakukan pengambilan keputusan bahkan melakukan inovasi bisnis untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit.
Copyrights © 2023