Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023)

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar

Zulfa, Tiara (Unknown)
Tursinawati, Tursinawati (Unknown)
Darnius, Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa materi siklus air kelas V SDN 1 Setia Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Experimental Designs, desain One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total dengan siswa kelas V SDN 1 Setia Aceh Barat Daya yang berjumlah 25 siswa. Hasil analisis data pretest dan posttest pada materi siklus air dengan menggunakan model PBL menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 41,40, sedangkan posttest siswa adalah 87,80. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t paired samples test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa materi siklus air kelas V SDN 1 Setia Aceh Barat Daya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...