Sedih rasanya melihat banyaknya kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Sikap tanggung jawab dan kedisiplinan sering disepelekan oleh banyak orang, namun sebenarnya tindakan tersebut sudah termasuk sikap koruptif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi pendidikan antikorupsi nilai kedisiplinan dan tanggung jawab pada SD Muhammadiyah Kolombo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ada kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru kelas, peserta didik, dan wali murid. Objek dalam penelitian yaitu implementasi pendidikan antikorupsi nilai kedisiplinan dan tanggung jawab pada SD Muhammadiyah Kolombo. Teknik analisis data ymenggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan antikorupsi nilai kedisiplinan dan tanggung jawab dilakukan melalui berbagai peraturan yang ada di sekolah, perilaku peserta didik ketika di sekolah maupun di rumah, penyelesaian tugas, dan juga tanggung jawab peserta didik. Faktor pendorong berasal dari keluarga, sekolah, sistem, lingkungan belajar, dan pengintegrasian dalam mata pelajaran. Faktor penghambat berasal dari perilaku peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan keluarga
Copyrights © 2023