Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan video pembelajaran, merancang video pembelajaran, dan menilai tingkat validitas serta kepraktisan video pembelajaran sebagai media bagi mahasiswa program studi teknologi pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media video pembelajaran. Model yang digunakan adalah model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate), penelitian ini hanya mencapai tahap pengembangan. Responden dalam penelitian ini adalah 24 mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan statistic deskriptif. Hasil validasi media video pembelajaran oleh ahli materi mencapai kualifikasi sangat baik, dan hasil validasi oleh ahli media juga mencapai kualifikasi sangat baik, sehingga penelitian dapat dilanjutkan dengan merevisi media video pembelajaran. Uji coba kepraktisan menunjukkan hasil yang baik, dan tanggapan dosen pengampu mata kuliah pengembangan media foto juga mencapai kualifikasi baik. Sehingga, media video pembelajaran valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran pada Mata Kuliah Pengembangan Media Foto.
Copyrights © 2023