Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia

PELATIHAN METODE CERITA BAGI GURU MADRASAH DINIYAH DAN TK UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI QUR’ANI BERKARAKTER DI DESA JANGRAGA

Nisa Jamilatullaeliyah (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, STIT NU Al Farabi Pangandaran)
Rianti Rianti (a:1:{s:5:"en_US"
s:15:"Stitnu alfarabi"
})

Heni Rohaeni (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, STIT NU Al Farabi Pangandaran)
Rohmat Nurhidayat (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, STIT NU Al Farabi Pangandaran)
Siti Nurhasanah (Unknown)
Asep Firman (Unknown)
Mahdum Ali (Unknown)
Nida Nuraida (Unknown)
Nani Haerani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Storytelling is a method used by a teacher to convey material in a fun way. This method has been proven ef ective indeveloping students' understanding of the material presented through stories. However, the process of telling thisstory is not easy, there are still many teachers who are not able to tell stories in front of their students because thereare many storytelling techniques that they have not mastered. For this reason, KKN STITNU Al-FarabiPangandaran held storytelling training for Madrasah Diniyah and Kindergarten teachers totaling 40 participants tocreate a generation of Qur'ani with character in Jangraga Village. The results of the situation analysis include thatMadrasah Diniyah and Kindergarten teachers experience dif iculties in telling stories, especially in using techniquesin telling stories so that the stories conveyed can be understood by students well. Therefore, the aim of thiscommunity service is to make Madrasah Diniyah and Kindergarten teachers able to use the story method to create ageneration of Qur'anic characters. The method used in this service is the PAR (Participatory Action Research)method where teachers are given training in storytelling techniques so that they can tell stories well in front ofstudents. The results of using the story method provide significant results on the teacher's ability to tell stories. Thiscan be seen from the training participants who enthusiastically took part in the activities and directly practiced thestorytelling methods that had been delivered.ABSTRAK Bercerita merupakan cara yang digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan sebuah materi dengan cara yangmenyenangkan. Cara ini telah terbukti efektif dalam mengembangkan pemahaman peserta didik terhadap materiyang disampaikan melalui cerita. Namun, proses penyampaian cerita ini tidaklah mudah, masih banyak guru-guruyang belum mampu bercerita di depan peserta didiknya dikarenakan banyak teknik bercerita yang belum merekakuasai. Oleh sebab itu, KKN STITNU Al-Farabi Pangandaran mengadakan pelatihan bercerita bagi guru madrasahdiniyah dan TK sebanyak 40 peserta untuk menciptakan generasi qur’ani berkarakter di Desa Jangraga. Hasil darianalisis situasi diantaranya para guru madrasah diniyah dan TK mengalami kesulitan dalam bercerita, terutamadalam penggunaan teknik dalam bercerita supaya cerita yang disampaikan bisa dipahami oleh peserta didik denganbaik. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membuat para guru madrasah diniyah danTK mampu menggunakan metode cerita untuk menciptakan generasi Qur’ani berkarakter. Metode yang digunakandalam pengabdian ini adalah metode PAR (Participatory Action Research) dimana para guru diberikan pelatihanteknik-teknik bercerita supaya mereka bisa bercerita dengan baik di depan peserta didik. Hasil dari penggunaan metode cerita tersebut memberikan hasil yang signifikan terhadap kemampuan guru dalam bercerita. Hal ini terlihatdari peserta pelatihan yang antusias mengikuti kegiatan serta ikut praktek secara langsung metode bercerita yangsudah disampaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

baktimas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences Other

Description

Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia (P-ISSN 2620-7710 dan E-ISSN 2621-0398) merupakan jurnal yang menjadi wadah bagi penerbitan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Ilmu : 1. Psikologi 2. Komunikasi 3. Hukum 4. Budaya 5. Bahasa 6. Seni Rupa dan Design Jurnal ilmiah ini diterbitkan oleh ...