JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 4 (2023): JE. VOL. 11 No. 4

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM DI DINAS KOPERASI DAN UKM DAERAH PROVINSI SULUT

Michelle Wewengkang (Manajemen)
Imelda W. J. Ogi (Universitas Sam Ratulangi)
Reitty Lily Samadi (Universitas Sam Ratulangi)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Strategi pemasaran dalam penjualan produk merupakan salah satu pertimbangan penting dari pemilik dan manajer suatu perusahan atau unit bisnis. UMKM sebagai salah satu sektor ekonomi rakyat pasti memberikan perhatian khusus terhadap strategi pemasaran yang diterapkan, khususnya di Dinas Koperasi Dan UKM Daerah Provinsi Sulut dan beroperasi di Kota Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi strategi pemasaran produk Di Dinas Koperasi Dan UKM Daerah Provinsi Sulut dan beroperasi di Kota Manado. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan analisis SWOT dan sampel penelitian adalah unit-unit UMKM di Dinas Koperasi Dan UKM Daerah Provinsi Sulut dan beroperasi di Kota Manado sebanyak 29 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa unit-unit UMKM di Dinas Koperasi Dan UKM Daerah Provinsi Sulut dan beroperasi di Kota Manado berada pada kuadran I (satu) yaitu growth, dimana kuadran tesebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Para pemilik tersebut harus mempertahankan dan meningkatkan cara pemasaran yang sudah baik saat ini. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Produk, Analisis Deskriptif, Analisis SWOT

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...