Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 4, No.1 (2023) : Oktober

Implementasi Revolusi Mental pada Mahasiswa Unimed Untuk Nilai Pancasila

Syahbana, Eza (Unknown)
Gultom, Rona Hinirim (Unknown)
Siahaan, Parlaungan Gabriel (Unknown)
Purba, Novridah Reanti (Unknown)
Sihombing, Theresia (Unknown)
Akbar, Mhd Aldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui Google Form untuk mengetahui pemahaman dan pengalaman mahasiswa mengenai program Revolusi Mental dan nilai-nilai Pancasila pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Kelas B UNIMED. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan fenomena secara mendalam, dengan populasi seluruh mahasiswa Program Studi Ekonomi Kelas B angkatan 2022 dan sampel acak sebanyak 18 mahasiswa. Tujuan penelitian antara lain menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi mahasiswa dalam program Revolusi Mental, mengidentifikasi peran lingkungan akademik dalam membentuk pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila, dan memahami tantangan utama yang dihadapi mahasiswa dalam internalisasi nilai-nilai Pancasila. Data dikumpulkan melalui kuesioner Google Form. Dukungan dosen dan teman, motivasi diri, serta interaksi etnis mempengaruhi partisipasi mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Tantangan seperti minimnya pengetahuan dan waktu dalam Revolusi Mental disoroti, sementara kegiatan sosial dan dukungan kampus dinilai efektif memperkuat pemahaman siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...