Jurnal Media Agribisnis (MeA)
Vol 8, No 2 (2023): Oktober

Pengaruh Harga, Produksi dan Kualitas Emping Melinjo Aceh Terhadap Kepuasan Konsumen

Supristiwendi Supristiwendi (universitas samudra)
Yenni Marlita (universitas samudra)
Silvia Anzhita (universitas samudra)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Persaingan bisnis emping melinjo Aceh sangat ketat tingkat lokal maupun regional. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen  dan pengaruh harga dan kualitas terhadap kepuasan konsumen emping melinjo Aceh. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode “snowball sampling”. Metode analisis data yang digunakan yaitu: analisis kepuasan konsumen menggunakan indeks kepuasan CSI (Costumer Satisfaction Index) dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Konsumen merasa sangat puas terhadap atribut rasa dan kualitas emping melinjo Aceh. Indikator harga yaitu; keterjangkauan, kesesuaian, harga bersaing dan manfaat benar-benar mencerminkan atribut harga. Indikator rasa, keawetan, mudah diolah dan tekstur benar-benar mencerminkan atribut kualitas. Indikator terus membeli, terus konsumsi dan rekomendasi benar-benar mencerminkan atribut kepuasan konsumen. Atribut harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan atribut kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen emping melinjo Aceh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MEA

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Media Agribisnis (MEA) dipublikasikan dalam Bahasa Indonesia dan diterbitkan dua kali dalam setahun. Jurnal ini mempublikasikan paper ilmiah hasil penelitian dan review bidang ilmu ekonomi pertanian dan agribisnis secara luas meliputi ekonomi produksi agribisnis, efisiensi dan risiko ...