Rendahnya keterampilan menulis cerpen merupakan suatu kendala dari pencapaian tujuan pendidikan bahasa Indonesia, sehingga sudah selayaknya para calon pendidik maupun pendidik melakukan evaluasi pada pembelajaran dengan metode penelitian. Adapun tulisan ini lahir dari penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran phair check terhadap keterampilan menulis cerpen siswa di MTs raudatul Uluum, Rantauprapat. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII sebagai populasi dan kelas VIII-A sebagai sampel penelitian yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan keputusan pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif, yang harus memiliki syarat uji normalitas dan homogenitas untuk mengambil keputusan dengan menggunakan uji t pada spss 20.0. Hasil penelitian ialah adanya pengaruh model pembelajaran phair check terhadap keterampilan menulis cerpesn siswa di kelas VIII MTs Raudatul Uluum, Rantauprapat dengan Thitung > Ttabel, yakni 2,744 > 2,037, memiliki selisih poin 45,21 antara nilai rata-rata tes awal sebesar 33,33 dan tes akhir sebesar 78,55, dan besar pengaruh senilai 18%.
Copyrights © 2023