Jurnal Kajian dan Penelitian Umum
Vol. 1 No. 5 (2023): Oktober : Jurnal Kajian dan Penelitian Umum

Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Petugas Check-In Maskapai Lion Air Di Bandar Udara Yogyakarta Internasional Airport

Muhammad Arjuna Cipta Utama (Unknown)
Yuniar Istiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Petugas check-in juga merupakan elemen penting dalam menentukan pemenuhan kepuasan penumpang. Karena pencapaian organisasi sebagian besar ditentukan oleh sifat pelayanan yang diberikan oleh petugas check-in, Seperti yang di ketahui bahwa di Indonesia masih banyak kendala yang dialami oleh penumpang pada saat melakukan proses check-in, salah satu contohnya yaitu kurangnya pelayanan yang diberikan oleh petugas check-in counter seperti lambatnya petugas dalam menanggapi penumpang sehingga terjadi, Seperti yang di ketahui bahwa maskapai Lion Air merupakan maskapai yang cukup banyak diminati dan jumlah penumpangnya cukup tinggi, sehingga dengan begitu diharapkan pelayanan yang diberikan dapat lebih maksimal. peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana kepuasan penumpang terhadap pelayanan petugas check-in maskapai Lion Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, hasil penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang menggunakan maskapai lion air di Bandar Udara Internasional Yogyakarta dan diukur dengan menggunakan rumus slovin. Pengambilan data jumlah sampel menggunakan survey dengan instrumen berupa kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana, Uji T dan koefisien determinasi dengan tingkat harapan sebagai variabel bebas dan kinerja petugas check-in sebagai variabel terikat yang diolah menggunakan aplikasi SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel dengan nilai 5,803 > 1,661 dengan taraf signifikan 0.01< 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya pengaruh tingkat harapan penumpang di Bandar Udara Internasional Yogyakarta secara parsial diterima. Persentase berdasarkan uji koefisien determinasi diketahui R square sebesar 25,6 hal ini mengandung arti bahwa pengaruh kinerja petugas check-in terhadap tingkat harapan penumpang di Bandar Udara Internasional Yogyakarta adalah sebesar 25,6%.dan untuk 74,4 % di pengaruhi oleh variable di luar kajian ini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkpu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya yaitu: Ilmu Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, Kewirausahaan dan ...